RSS

Tiwul. salah satu makanan khas Gunungkidul yang sangat digemari


    Tiwul salah satu makanan khas yang berasal dari Gunung kidul, Yogyakarta merupakan salah satu makanan berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Masyarakat Gunung Kidul jaman dahulu sering memanfaatkan makan ini sebagai makanan pokok pengganti nasi. Meskipun dalam perkembangannya saat ini nasi telah menjadi makanan pokok, namun Tiwul tetap dikenal sebagai makanan khas yang cukup bersejarah. Makanan ini dipercaya juga pernah digunakan sebagai makanan pokok ketika masa penjajahan Jepang.
    Karena tidak banyak lagi masyarakat yang memanfaatkan makanan ini sebagai makanan pokok, Tiwul kemudian dikreasikan dengan berbagai bentuk dan dikembangkan sebagai  makanan yang modern.
Hal ini tentu saja membuat keberadaan Tiwul tidak dilupakan justru semakin dikenal sebagai salah satu kekayaan khas di Yogyakarta khususnya di Gunung kidul. Oleh karena itu, jika Anda ingin berwisata melalui daerah Gunung Kidul, sempatkanlah waktu untuk membeli dan menikmati makanan ini. Harga untuk membeli tiwul ini relatif sangat murah karena cukup mengeluarkan uang antara Rp.5000,00 – Rp.15.000,00 Anda sudah dapat menikmati makanan dengan rasa yang manis gurih ini. (gudeg.net)

0 komentar:

Posting Komentar