RSS

Gatot khas Gunungkidul


      Datang ke Gunungkidul tak lengkap rasanya kalau tak mencicipi yang satu ini. Yahh.. Gathot dan Thiwul, Makanan tradisional Asli Kabupaten Gunung Kidul ini menjadi makanan favorit masyarakat gunungkidul karena rasanya yang lezat, manis, dan gurih.
     Dulunya, gatot dan tiwul merupakan makanan pokok masyarakat  Gunungkidul, biasanya dimakan dengan sayuran sebagai pengganti nasi. Tapi seiring sejahteranya masyarakat Gunungkidul gatot berubah menjadi makanan caminal sehari-harii.

Proses pembuatan gatot cukup panjang yakni ketela terlebih dahulu difermentasi sehingga timbul jamur, kemudian direndam dua malam sampai kenyal. Setelah itu ditiriskan, dicuci, dan diambil kulit arinya, dipotong-potong kecil-kecil kemudian kembali direndam satu malam.
Dengan proses panjang tersebut, kemudian dikukus selama dua jam. Kalau suka manis, sebelum dimasak terlebih dulu dikasih gula merah. Tapi bila mengingingkan rasanya gurih, setalah dikukus dicampur dengan garam dan parutan kelapa.
Di Gunungkidul sendiri banyak Toko oleh- oleh yang menjual makanan ini, Sehingga anda tak sulit untuk mendapatkannya saat berkunjung ke gunungkidul.
Salah Satu Pusat oleh-oleh Khas Gunungkidul adalah Gathot-Thiwul Yu Tum. Di sana tersedia aneka jenis olahan Gathot dan Thiwul seperti  Thiwul Rasa keju, Thiwul Rasa Nangka, Thiwul Rasa Coklat dan Cake yang bahan dasarnya dari ketela.
Misalnya ada Thiwul Rasa keju, Thiwul Rasa Nangka, Thiwul Rasa Coklat dan Cake yang bahan dasarnya dari ketela – See more at: http://gunungkidulonline.com/gathot-thiwul-yu-tum-oleh-oleh-khas-gunungkidul/#sthash.XzADoewu.dpuf
Selain itu masih banyak lagi oleh – oleh khas Gunung Kidul seperti, Belalang Goreng, Pathilo, Menggleng, Rengginan dan lain – lain. Ada juga masakan khas Gunung Kidul yaitu Nasi Merah (Sego Abang), Nasi Hitam ( Sego Ireng ), Sayur Lombok Ijo, Oseng – oseng, Trancam, gudheg Gori, dan Empal.
Alamat Gathot Tiwul Yu Tum
Pusat Oleh-oleh Gatot Thiwul Yu Tum terletak di:
Jl. Pramuka No.36 Wonosari Gunungkidul 55812 Yk Ph 0274 7889300 – 081 328 741792
Cabang I
Jl Wonosari – Yogya Km 3.5 Siyono Tengah Yk Ph 0274 300 1164
Cabang II
Jl Baron Km. 04 Dunggubah Duwet Wonosari Gunungkidul Yk (depan balai Desa duwet)
Phone 081228188595

(gunungkidulonline.com)

4 komentar:

cvtugu mengatakan...

pengen nyoba Gatot khas gunung kidul, pasti rasanya enak banget..
Cvtugu

Unknown mengatakan...

k bisa minta resepnya k,,pengen banget buat sendriri..
Dktour Jogja

Unknown mengatakan...

meluncurke yu tum

Unknown mengatakan...

gatot yu tum paling enak

Posting Komentar